Rabu, 28 April 2010

Cita rasa ibadah

Tidak perlu ragu, bahwa ibadah itu pasti memiliki rasa. Jika tidak, disana tidak akan dirasakan adanya kenikmatan. Diantara bukti adanya kenikmatan dalam ibadah adalah rosulullah bersabda,

orang-orang yang ridha allah sebagai rabb, islam sebagai agamanya, dan Muhammad utusan Allah dialah orang yang merasakan manisnya iman”.(HR. Muslim)

Rosulullah saw. Bersabada,

ada tiga hal, barang siapa yang ketiga hal tersebut ada pada dirinya dia akan mendapatkan manisnya iman yaitu : menjadikan Allah dan rosulnya lebih dia cintai daripada selainnya, tidak mencintai seseorang melainkan karena Allah, dia benci untuk kembali kepada kekufuran setelah Allah menyelamatkannya dari kekufuran sebagaimana ia benci untuk dilemparkan kedalam neraka.”(HR. Muslim)

Dan didalam riwayat Ahmad dariAbu Razin al-Uqaili,

apabila kamu telah melakukan yang demikian, maka butir-butir keimanan itu lebih masuk kedalam hatimu, seperti setetes air yang masuk ketenggorokan seseorang yang haus dimusim kemarau.”

Rosulullah Saw bersabda
kalian tidak akan merasakan nikmat iman sampai kalian menjadikan aku sebagai orang yang paling kalian cintai daripada orangtua, anak dan diri kalian sendiri dan orang yang berada disekeliling kalian serta manusia seluruhnya. (HR. al-Maruzi)

Sumber : buku Ibadah Pelepas Lelah
Penulis : Isham bin Abdul Muhsin al-humaidan
Khalid bin Abdurrahman ad-Darwisy

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com